-->

Sanggar Kayu Wara Gelar Bazar Ramadan Bernuansa Budaya Pakpak

Editor: Admin author photo
Sanggar Pakpak
Sanggar Kayu Wara menggelar kegiatan bazar Ramadan

Menyemarakkan suasana Ramadan 1438 Hijriah, sebuah sanggar kesenian etnik di Kota Subulussalam menggelar kegiatan bazar Ramadan.

Bazar yang bernuansa khas budaya suku Pakpak tersebut digelar oleh komunitas Sanggar Kayu Wara. Dengan menjajakan makanan dan minuman berbuka puasa berupa kuliner khas dari suku Pakpak seperti makanan Pelleng, Nditak, Ginaru Pote dan minuman Sirupen Gadong langsung diburu oleh warga.

Selain menjajakan makanan dan minuman berbuka puasa, dengan mengenakan pakaian adat Pakpak, para anggota sanggar tersebut juga menjual beberapa jenis alat musik tradisional dan pajangan dinding berupa ornamentil Pakpak, seperti alat musik Keucapi dan ornamentil Gerga Pakpak.

Sementara itu, komunitas penggiat seni yang dipimpin oleh Dedi Rogandi Berutu atau yang akrab disapa Bolang itu juga menampilkan sebuah pertunjukan seni Genderang Sipitu yang turut menjadi perhatian dari warga yang sedang melakukan aktifitas ngabuburit disore hari itu.

 Menurut salah seorang anggota sanggar, Putra Berutu mengatakan, Selasa 6 Juni 2017 tujuan atas digelarnya bazar Ramadan bernuansa budaya Pakpak tersebut adalah sebagai wujud pelestarian terhadap nilai-nilai warisan budaya melalui momentum bulan Ramadhan.

Karena terkendala beberapa persiapan makanya bazar Sanggar Kayu Wara ini terlaksana pada hari kesebelas Ramadhan. "Kendala tersebut disebabkan pengerjaan kerajinan tangan alat musik dan ornamentil sehingga tidak dapat dilaksanakan sejak awal Ramadan.

Namun, walaupun dapat dilaksanakan sudah dihari kesebelas, tapi kesannya menjadi sesuatu yang baru bagi warga yang sedang ngabuburit," aku Putra. Nah, bagi anda yang ingin menikmati kuliner Pakpak tersebut untuk berbuka puasa serta ingin membeli kerajinan tangan untuk koleksi pribadi anda atau ingin menambah hiasan dinding rumah anda, silakan kunjungi bazar Ramadan Sanggar Kayu Wara di Jalan Teuku Umar, Kampong Penanggalan Barat, Kecamatan Penanggalan atau tepatnya berada di samping Warung Barak Penanggalan.

Sumber: Mediaaceh.co
Share:
Komentar

Berita Terkini