-->

Dana Desa, Kades Kuta Meriah Kembangkan Program Usaha Kopi

Editor: Admin author photo
Masyarakat Kuta Meriah sedang membersihkan bibit kopi
Menteri Desa, Pembanungan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes) Marwan Jafar mengatakan bagi kepala desa yang menerima dana untuk segera membangun atau memperbaiki infrastruktur di desannya masing.

Anggaran dana desa harus dimanfaatkan untuk kesejateraan masyarakat. Pesan yang disampaikan, Mendes PDTT tersebut ternyata tidak hanya menjadi ceramah saja. Buktinya, di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara misalnya para kepala desa memprioritaskan DD pembangunan jalan usaha tani dan perbaikan infstruktur desa.

 "Di desa Kuta Meriah, Kecamatan Kerajaan dana desa dipergunakan untuk pembangunan jalan usaha tani. Anggaran tahun 2017 ada pembukaan dan pengerasan jalan usaha tani 1000 meter ke ladang masyarakat di Lae Mbereng. Kemudian ada pembuatan jalan aspal di desa 500 meter," kata Kepala Desa Kuta Meriah, Indra Berutu, Selasa 19 Desember 2017.

 Manfaat lain dari dana desa untuk untuk program peningkatan usaha masyarakat. "Di desa ini saya dengan masyarakat sedang menggalakkan program usaha menanam kopi. Saat ini kami sudah menyiapkan bibit untuk dibagikan kepada masyarakat," ucapnya.

 "Dana desa juga dipergunakan untuk memperbaiki saluran air yang dibagikan langsung ke rumah-rumah warga. Panjang pipa yang diperbaiki ada 3000 meter," terang kepala desa yang dilantik 2016 lalu.

 Ia mengatakan semua dana desa yang dikucurkan pemerintah desa untuk kesejateraan masyarakat. "Program desa ya untuk meningkatkan usaha masyarakat. Misalnya, kalau infrastruktrur jalan bagus, maka hasil pertanian masyarakat akan meningkat. Saya juga merasa bangga, saat ini warga semangat untuk mengembangkan usaha pertanian. Saya berharap program ini terus berlanjut," tukasnya.

Laporan | Redaksi
Share:
Komentar

Berita Terkini