-->

Pagindar Masuk Listrik Adalah Program Pemerintah Pusat: Saya Saja Kerja Tak Berani Klaim

Editor: Admin author photo

Serah terima pihak PLN di Pagindar tahun 2019 lalu. 

pakpakbangkit.com - Warga Kecamatan Pagindar, Kabupaten Pakpak Bharat mengaku senang karena listrik telah masuk desa. Sebagaimana diketahui, listrik masuk desa di Pagindar sejak tahun 2018 lalu. 


Kehadiran listrik masuk desa belakangan jadi bahan perbincangan. Sejumlah warga mengaku risih karena ada pemberitaan listrik masuk Kecamatan Pagindar diklaim atas kinerja seseorang.

"Kami risih, listrik masuk ke Pagindar diklaim atas kinerja seseorang. Apalagi kabar tersebut beredar menjelang Pilkada. Saya kira isu ini menggangu pikiran warga," ucap Frengky warga Pagindar, Kecamatan Pagindar, Rabu (12/8/2020).

Menanggapi kabar tersebut, Mantan Camat Pagindar Saor Manik pun angkat bicara. Saor mengatakan, informasi listrik masuk Pagindar adalah program kementrian pusat melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Yang saya ketahui listrik Pagindar adalah program pemerintah pusat program listrik masuk desa. Saya ingat, pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah. Namun program tersebut wajib dilakukan. Di mana daerah terpencil yang belum dialiri listrik wajib dialiri," kata Saor Manik.

Seingatnya, tahun 2018 lalu ada 3 desa yang masuk listrik. Pagindar, Lae Merempat. "Saya ingat ada 3 tempat. Dan semua dilaksanakan secara bersamaan," terangnya.

Saor menegaskan, tidak ada alasan bagi orang-orang mengklaim listrik masuk Pagindar atas kinerja seseorang. Sebab listrik masuk Pagindar adalah program kementrian pusat, bukan seseorang.

"Saya kira jangan klaim-klain. Jangan ganggu pikiran masyarakat lagi. Terima kasih kepada pemerintah pusat telah memperhatikan Pagindar," ungkapnya.

"Saya perlu ingatkan janganlah diklaim itu atas usahanya sendiri. Saya saja bolak-balik ke PLN Bukit Barisan Brastagi tapi tidak berani mengklaimnya. Saya juga bolak-balik ke Pemkab Aceh Singkil agar kabel listrik dari Aceh, tetapi tidak berani mengklaim saya paling berjasa. Makanya saya prihatin ada orang mengklaim itu atas kinerja seseorang," tegasnya.


ESDM Sumut
Tak hanya Camat Pagindar, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Pemprov Sumut Ir Zubaidi, MSi pun angkat bicara.

Ia membenarkan listrik masuk daerah terpencil adalah program kementrian pusat. Namun kata dia, sekarang namanya berubah jadi listrik tenaga surya.

"Menurut saya listrik masuk desa atau daerah terpencil adalah program pemerintah pusat. Pemerintah pusat bekerja sama dengan PLN dan pemerintah daerah," ucapnya.

Zubaidi menegaskan, ESDM Sumut sendiri juga program untuk mengaliri listrik daerah terpencil. Namun kata dia, program sekarang nama listrik surya. Jadi kata dia anggarannya diambil dari APBD.

"Anggarannya dari APBD. Kami nanti berkoordinasi dengan pemerintah daerah," ucapnya. 
Share:
Komentar

Berita Terkini