-->

Hari jadi ke-19 Kabupaten Pakpak Bharat, Bupati Franc Sampaikan Ucapan Terimakasih ke Tokoh Pemekaran

Editor: Admin author photo


pakpakbangkit.com -
Perayaan acara hari jadi ke-19 Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2022 diisi sejumlah rangkaian diantaranya pembacaan sejarah singkat pemekaran Kabupaten Pakpak Bharat, Pembacaan Komitmen/Ikrar Pembangunan serta doa lintas agama di tugu pemekaran, upacara di lapangan napasengkut, rapat paripurna DPRD dan acara lainnya.

Dalam pidatonya dalam rapat Paripurna Dalam Pokok Acara Mendengarkan Pidato Bupati Pakpak Bharat pada Hari Jadi Kabupaten Pakpak Bharat ke XIX, Kamis (28 /07/2022) di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi, kepada para tokoh yang telah berjuang melahirkan Kabupaten Pakpak Bharat, yaitu pemrakarsa dan para tokoh pejuang pemekaran Kabupaten Pakpak Bharat, yang telah memberikan perhatian, tenaga dan pikiran yang tulus untuk kabupaten yang kita cintai ini. Demikian juga kepada DPRD Kabupaten Dairi yang secara khusus kami undang pada kesempatan ini. 

Bupati Franc menyatakan seluruh perjuangan yang dilakukan tanpa pamrih menjadi sejarah yang akan mengingatkan kita semua khususnya generasi muda bahwa perjuangan mewujudkan citacita luhur para tokoh pemekaran harus terus di lanjutkan ke depan dengan kerja keras melalui berbagai karya nyata di berbagai bidang pembangunan. tingginya atas pengabdian dan kontribusi yang telah diberikan untuk membawa Kabupaten Pakpak Bharat menuju masa depan yang lebih baik.

Melalui sidang paripurna ini,Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, menyampaikan upaya dan semangat untuk terus memenuhi janji pembangunan sebagai kewajiban yang harus dituntaskan dalam memenuhi amanat dan kepercayaan masyarakat Pakpak Bharat, melalui pencapaian visi 

“Terwujudnya Kabupaten Pakpak Bharat yang maju, berdaya saing, berkeadilan dan sejahtera melalui peningkatan perekonomian dan sumber daya manusia berlandaskan kebudayaan dan pemberdayaan masyarakat” yang diterjemahkan kedalam 5 misi yaitu: meningkatkan daya saing daerah dan pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efisien, efektif, meningkatkan pembangunan merata, berkeadilan dan berkelanjutan, meningkatkan pelestarian dan diplomasi budaya daerah. semua misi akan menjadi tanggungjawab sekaligus komitmen untuk dicapai keberhasilannya.  

"Bahwa sejak kami dilantik bulan februari tahun 2021, belum banyak yang bisa kami perbuat secara maksimal karena pandemi covid-19, yang mengakibatkan adanya refocusing anggaran, termasuk pembatasan ruang gerak masyarakat dan kegiatan-kegiatan pemerintah. namun demikian, pemerintah tetap berupaya keras agar pencapaian visi dan misi memiliki progres positif dari tahun ke tahun." katanya.

Lanjut Bupati Franc, keberhasilan misi 1 dan misi 2 dalam mewujudkan Pakpak Bharat berdaya saing dan bertumbuh ekonomi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat akan diukur melalui: pencapaian indikator pendidikan dengan rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah kabupaten Pakpak Bharat menunjukkan trend meningkat dalam tiga tahun terakhir.

Prioritas peningkatan kualitas dan pemenuhan akses pendidikan yang telah dilakukan dan tetap dalam on going progress pelaksanaan berbagai kegiatan strategis dijelaskan seperti berikut: pemberian Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk siswa siswi dengan prioritas intervensi kepada siswa siswi kurang mampu; pemberian beasiswa sma unggulan, S1 dan S2 kepada anak berprestasi; penyelarasan kurikulum vokasi/smk dengan kompetensi keahlian vokasi; pembelajaran berbasis produk dan bisnis dengan pembangunan industri; pembangunan unit pojok baca dan gerobak; pembangunan sarana dan prasarana olahraga; membuat program-program dan konsep pakpak pandai berhitung dan pakpak terdidik seperti gampang asik menyenangkan (gasing) dalam rangka meningkatkan kemampuan berhitung, program pendidikan anak usia dini, dan program wajib belajar dasar sembilan tahun serta upaya lainnya.

Untuk prioritas peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang telah dilakukan dan tetap dalam on going progress pelaksanaan berbagai kegiatan strategis dijelaskan seperti berikut: penanganan Covid-19 melalui penguatan pola 3t (testing, tracing, treatment), percepatan vaksinasi, penyediaan obat – obatan, penguatan kapasitas rumah sakit dan pemberian insentif bagi tenaga medis, pembangunan dan rehabilitasi UPTD Rumah Sakit Umum Daerah Pakpak Bharat dalam rangka peningkatan layanan kesehatan masyarakat; pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil kurang energi kronis (kek), balita kurus dan anak sekolah dalam rangka penurunan prevalensi stunting, kampanye gerakan masyarakat sehat (germas) melalui peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi (kie) pada masyarakat pakpak bharat, 5. pemberian jaminan kesehatan masyarakat bagi masyarakat kurang mampu, 6. layanan kesehatan bergerak melalui pengadaan unit mobil ambulance silotus dan penambahan armada ambulance untuk tahun 2023 serta lainnya.

Sedangkan untyuk prioritas peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan pekerjaan yang telah dilakukan dan tetap dalam proses pelaksanaan berbagai kegiatan strategis dijelaskan seperti berikut: fasilitasi kerja sama sektor ekonomi dengan dunia usaha dan dunia industri dalam rangka peningkatan kompetensi dan kesempatan kerja, fasilitasi standarisasi umkm dan ikm menuju digitalisasi pemasaran; pengembangan sistem informasi ketenagakerjaan terintegrasi melalui bursa kerja, penguatan kebijakan daerah dalam rangka optimalisasi investasi melalui peraturan daerah tentang pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal serta peraturan daerah tentang rencana umum penanaman modal (RUPM). 

Dalam pencapaian pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2021 mengalami pertumbuhan positif sebesar 2,54%. ini menunjukan bahwa level perekonomian kabupaten pakpak bharat mulai beranjak normal meskipun belum optimal, kondisi ini sedikit dibawah pertumbuhan ekonomi provsu yang tumbuh sebesar 2,61%. dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi Kabupaten pakpak bharat didukung hampir semua sektor kecuali jasa kesehatan dan kegiatan sosial, serta penyediaan akomodasi dan makan minum. 

Prioritas peningkatan daya saing sektor agraris yang telah dilakukan dan tetap on going progress dalam proses pelaksanaan berbagai kegiatan strategis dijelaskan seperti berikut: pengembangan food estate melalui usulan kegiatan dari tugas perbantuan dan dana dekonsentrasi kementrian dan lembaga sekaligus mengoptimalkan peran off taker dengan kelompok tani juga pembukaan lahan pendukung ketahanan pangan; dukungan program adb (asian development bank) berupa pembukaan lahan berikut analisa kesuburan tanah untuk 1.000 ha lahan, pemantapan analisa pasar dan analisa ekspor, sekolah ekspor untuk petani millenial dan sekolah entrepeneur dan sejumlah program lainnya.

"Pengembangan kawasan sentra peternakan melalui tersedianya produksi kambing etawa, sapi lokal betina, sekaligus pengadaan mesin chooper demi tersedianya swasembada pupuk organik/ produksi pupuk organik, 5. peningkatan produksi daging sapi dalam rangka pemenuhan kebutuhan konsumsi lokal, 6. peningkatan produksi daging kambing etawa dalam rangka pemenuhan kebutuhan konsumsi lokal dalam penanganan stunting" jelas Bupati Franc.

Sementara untuk peningkatan capaian nilai sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (sakip) dengan tren perkembangan capaian sakip di kabupaten pakpak bharat cenderung meningkat yaitu sebesar (56,91) cc pada tahun 2018 menjadi (60,90) b pada tahun 2021, 3. peningkatan capaian monitoring center for prevention (mcp) kabupaten pakpak bharat yang terus mengalami perbaikan, dimana tahun 2020 dengan skor 65,36 menduduki peringkat 299 tingkat nasional dan peringkat 14 tingkat provinsi sumatera utara. sedangkan tahun 2021 mencapai skor 85,89 dengan peringkat 125 tingkat nasional dan menduduki peringkat 6 di tingkat Provinsi Sumatera Utara. 

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, mengajak segenap unsur agar sepenuhnya untuk membuka memori kembali perjalanan sejarah 19 tahun kabupaten pakpak bharat sebagai daerah otonom dimana terpampang perjalanan panjang yang didalamnya terdapat beragam prestasi sekaligus tantangan yang menjadi perhatian seluruh komponen pembangunan di Pakpak Bharat. Meski ditengah pandemi covid-19, diusia remaja ini beberapa capaian terus membaik. melalui hari jadi ke-19 kabupaten pakpak bharat tahun 2022 diharapkan untuk kita terus dapat membangun komitmen perubahan ke arah yang lebih baik, dengan kekompakan menciptakan suasana damai. seiring berjalannya waktu serta dinamisnya. 

"Pemerintahan Pakpak Bharat menyadari bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sarat dengan berbagai dinamika, tantangan, hambatan dan keterbatasan seperti yang kita hadapi pada saat ini, namun dengan saling berkoordinasi, bekerjasama serta memiliki komitmen yang tinggi antara pemerintah bersama unsur forkopimda, legislatif, yudikatif, instansi vertikal dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, berbagai permasalahan yang muncul dapat kita urai sedikit demi sedikit, setahap demi setahap, hingga kita mendapatkan perubahan yang positif bagi pembangunan walaupun dalam keterbatasan." ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Pakpak Bharat Hotma Ramles Tumanggor menyatakan diusia 19 tahun Kabupaten Pakpak Bharat ini merupakan usia kematangan menuju ke kehidupan masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu diharapkan tindak lanjut pemerintah dapat diimplementasikan secara konsisten sesuai dokumen rencana pembangunan dan sejalan dengan program uang dijabarkan dalam APBD serta bisa menciptakan terobosan terobosan baru yang lebih inovatif untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Acara peringatan hari jadi ke-19 Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2022 dihadiri oleh perwakilan Gubernur Sumatera Utara atau pejabat yang mewakili; para perwakilan bupati dan walikota dari kabupaten dan kota tetangga, ketua, para wakil ketua dan para anggota DPRD Kab. Pakpak Bharat; unsur forum koordinasi pimpinan daerah Kab. Pakpak Bharat; - sekretaris daerah, staf ahli, para asisten , para pimpinan opd dan pejabat struktural pemerintah,- ketua tim penggerak PKK kabupaten Pakpak Bharat; - para pimpinan instansi vertikal, BUMN dan BUMD di kabupaten pakpak bharat; - pemrakarsa dan para tokoh pemekaran serta para ahli waris; - para kepala desa, pemuka masyarakat, pemuka agama, pemuka adat, pimpinan partai politik, pimpinan ormas, lsm, para pemerhati pembangunan kabupaten pakpak bharat, insan pers serta unsur lainnya. rep/Besri Anjuan Berutu

Share:
Komentar

Berita Terkini