-->

Mejan suku Pakpak Berkekuatan Mistik

Editor: Admin author photo
Mejan Pakpak
Mejan Pakpak. Ist
Pernahkah anda melihat gambar gajah terbuat dari batu keras? Atau gambar batu menyerupai manusia di dekat bambu ditengah perkampungan yang sangat tua?. Atau barangkali anda pernah mendengar ada cerita batu yang bisa berteriak pada saat ada orang hendak meninggal?.

Jika memang belum pernah simaklah cerita mistis dibalik mejan di pedalaman kabupaten Pakpak bharat yang bentuknya menyerupai gambar gajah, manusia burung dan juga batu bertulisan.

Gambar seperti ini (foto) masih banyak ditemukan di kampung tua Pakpak Bharat. Kampung pedalaman sekali jauh dari keramaian kota sering sekali membuat hutan tersebut semakin seram dan mengerikan

Batu keras yang diolah menjadi gambar menyerupai binatang biasanya ditempatkan dikampung yang mempunyai nilai sejarah. Mejan ini bianya sering dibuat berdasarkan marga dan keturunan. Nah, selanjutnya mejan ini diisi dengan kekuatan atau roh manusia. "Ya, mejan itu kalau dulu mempunyai mistis yang kuat. Bisa bercerita dan sering memberikan tanda-tanda kematian," kata Marsauli Bancin, 76 seorang pencerita tentang mejan di desa Cikaok.

Kata dia, mejan ini dipergunakan untuk menjaga sebuah kampung dari bahaya. Mejan ini dapat memanggil dan memberitakan kejadian yang akan terjadi. "Ya, bisa kalau dulu menjaga kampung," laki tua yang suka merodong-odong itu.

Selain menjaga mejan kata dia, mejan juga dipergunakan untuk orang untuk mencari ilmu-ilmu gaib. "Dulu kalau orang ingin meminang peremuan, laki-laki itu boleh memberikan sesajen kepada mejan. Biasanya dengan ayam merah, rokok bahkan kain putih biasanya diletakkan diatas mejan itu," katanya.

Sebelum masyarakat mengenal tulisan dan agama, kata dia didekat sungai-sungai besar sering juga dibuat mejan. Dengan tujuan mejan ini bisa sebagai air kehidupan masyarakat.

"Ya, bisa kita jadikan sebagai air kehidupan," katanya. Namun kata dia, belakangan setelah mengenal masyarakat Pakpak mengenal Agama , lambat laun kepercayaan terhadap mejan itu terus berkurang," tuturnya.

Kata dia, masa penjajahan bulanda (Belanda) mejan itu dipergunakan untuk menjaga rakyat. "Ya kalau ada yang mau menyerang masyarakat pasti bisa disembunyikan dibawah batu," katanya sambil mengisap rokok tembakau.
Share:
Komentar

Berita Terkini