-->

Kecintaan dan Kepedulian Budaya, Modal Berharga Dalam Dunia Musik Tradisional

Editor: Admin author photo



Lagu Pakpak
Penyanyi lagu-lagu hits Pakpak ini adalah Saringar Berutu (Tengah), Elpira Br Manik (Kiri) dan Helni br Berutu (Kanan)

Kecintaan dan pedulian untuk kembali menghidupkan musik tradisional khususnya musik adalah modal kuat dalam mempertahankan kebudayaan salah satunya adalah musik Pakpak.

Kecintaan itu hadir mengingat budaya tradisional daerah sudah semakin terkikis khsusnya dalam musik Pakpak. Penyanyi yang sudah lanjut usia tidak mungkin berkarya lagi dengan waktu yang cukup lama. Seperti itulah yang dikatakan oleh produser taganta entertaiment, Kokmin Manik.

Kokmin mengatakan Taganta Entertaiment akan meluncurkan musik hist Pakpak terbaru yang kemasan lagunya lebih tradisional. Mulai dari keaslian bahasanya, penutur dan penyanyi-penyayi muda Pakpak yang baru terjun di dunia musik.

“Lagu-lagu yang akan disungguhkan kepada masyarakat adalah dengan judul lebih sedehanan seperti Luah Gadong, Sora Pusuh, Kade ngo salahku, cerm dan janjita sidua adalah memang lagu belum pernah muncul,” katanya.

Tambah dia, penyanyi yang membawakan lagu-lagu hits Pakpak ini adalah Saringar Berutu, Elpira Br Manik dan Helni br Berutu. ”Semoga lagu Pakpak baru ini akan berkembang, lebih meningkat serta bisa diterima masyarakat dengan baik,” terangnya.

Salah seorang pelantun lagu, Saringar Berutu juga berharap lagu yang dibawakannya kiranya dapat memberikan inspirasi baru bagi kalangan muda dan tua secara terkhusus penggiat Budaya Pakpak.

”Lagu ini akan di launching bisa mengikuti lagu Pakpak terdahulu yang sudah terkenal. Seni dan nilai kebudayaan yang terkandung dalam lagu ini akan membuat para penggiat Budaya lebih semangat lagi,” ujar Saringar.

Tambah dia, lagu ini sebenarnya bukan saingan bagi penyanyi senior. Lagu ini akan kembali memberikan motivasi untuk mereka sudah tidak terjun lagi di dunia musik Pakpak.

”Taganta Entertaiment, peran pemerintah secara terkhusus Dinas kebudayaan  kiranya dapat memberikan pencerahan kepada generasi muda agar kiranya dapat memunculkan penyanyi baru yang handal,” tukasnya.

Laporan | Redaksi



Share:
Komentar

Berita Terkini