-->

Sonni P Berutu Siapkan Konsep Membangun Pakpak Bharat

Editor: Admin author photo
Ketua DPRD Pakpak Bharat Sonni P Berutu STh
SOSOK Sonni P Berutu hingga kini terus menyita perhatian publik. Keberaniannya mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Pakpak Bharat periode 2020-2024 banyak mendapat apresiasi. Sebab dia adalah figur putra daerah yang lahir, besar dan berusaha di daerah pertama sekali maju sebagai kepala daerah.

Inilah pertama sekali. Beberapa kali pemilihan kepala daerah, calon kepala daerahnnya selalu dari luar Pakpak Bharat.

Namun kali ini berbeda. Penampilannya yang sederhana, ramah dan muda, Sonni Berutu adalah jawaban masyarakat mendambakan Kabupaten Pakpak Bharat dipimpin putra lokal.

Meski demikian, Sonni Berutu sendiri bukanlah hanya numpang calon. Ia dinilai telah mempersiapkan konsep untuk membangun Pakpak Bharat.

Pengakuannya konsep yang dibangun adalah konsep meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), kearifan lokal, konsep pelestarian kebudayaan, pertanian. Konsep dilakukan karena Sonni sudah memahami kultur budaya Pakpak Bharat. Ia juga menjadi anggota dewan 16 tahun.

"Saya kira niat Sonni Berutu mencalonkan diri menjadi Bakal Calon Bupati Pakpak Bharat layak diapresiasi. Saya menilai niat dia tulus untuk membangun Pakpak Bharat ini," kata Ketua Fraksi Demokrat Pakpak Bharat Ronal Lubis SE.

"Soal konsep membangun, Saya menilai Sonni punya segudang pengalaman. Konsep pertanian, pendidikan adalah jadi modal dasar Sonni untuk membangun Pakpak Bharat. Yang saya sampaikan ini bukan muluk-muluk, saya sudah melihat sendiri Sonni menyetujui bantuan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi"

"Namun yang tidak kalah penting adalah konsep membangun Pakpak Bharat lewat pelestarian kebudayaan. Saya sudah saksikan ketika Sonni membahas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2016 tentang Pelestarian dan Pengembangan Budaya Pakpak pada 11 Juli 2016. Saya melihat di Perda itu bagaimana untuk melestarikan kebudayaan Pakpak. Dan Sonni adalah penggagasnya," katanya.

"Jadi menurut saya, Sonni adalah punya pengalaman untuk membawa Pakpak Bharat lebih baik ke depan," katanya.
Share:
Komentar

Berita Terkini