-->

Siapa Ramlan Boangmenalu? 'Sosok Bacawabub Pakpak Bharat'

Editor: Admin author photo
pakpakbangkit.com - Nama Ramlan Boangmenalu belakangan jadi bahan perbincangan. Hal demikian tak terlepas namanya yang digadang-gadang berpasangan dengan Sonni Berutu (Ketua DPRD) di Pilkada Pakpak Bharat. Ia pun bakal menempati posisi calon wakil bupati.

Mencuatnya nama Ramlan mengundang tanya bagi publik. Pertanyaanya cukup seherna. Siapa Ramlan Boangmenalu?. Lalu pertanyaan lagi muncul. Apakah Ramlan politisi, pengusaha atau birokrat?.

Menjawab pertanyaan publik, redaksi pakpakbangkit.com beberapa belum lama ini berksempatan wawancara dengan Ramlan Boangmenalu. Wawancara tersebut pun dilakukan dengan telepon seluler. Sebab bersamaan dengan wawancara, Ramlan temu ramah dengan warga Genting, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Pakpak Bharat.

“Enda kade ma pella kade wawancara lewat telepon? Pas ma kami lagi pertemuan en i Genting. Mala aremben mo kita wawancara langsung,”

(Tidak masalah wawancara melalui telepon?. Kebetulan saya melakukan pertemuan dengan warga Genting).

“Mula ndorok ngo wawancara telepon, bagak,” demikian jawab Ramlan Boangmenalu mengawali pembicaraan.

(Kalan bisa wawancara melalui telepon, bagus).

Menyahuti pertanyaan Ramlan, redaksi menjelaskan sangat baik.

Dalam wawancara, Ramlan mengakui namanya dikaikan dengan Pilkada Pakpak Bharat. Ia juga mengamini jika direstui akan berpasangan dengan Sonni Berutu. Baginya adalah amanah.

Meski demikian Ramlan menyadari dirinya adalah bukan seperti calon lainnya yang cukup terkenal. Apalagi di kancah dunia politik.

Namun baginya adalah tak ‘lucut’ membuatnya patah semangat. Modal terpenting dalam kontestasi politik bisanmeraih simpati masyarakat untuk mendukung kemudian memilihnya.

Meski demikian, politik belakangan sudah diikutinya bertahun-tahun. Ia pernah mencatatkan 'tinta emas' di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 lalu. Ramlan mengaku untuk kali pertam ada anggota dewan lolos dari partainya. Namanya Ari Afandi Bancin.

Sebagai Ketua Partai Gerindra Kota Subulussalam hal demikian termasuk keberhasilan partai. Dan posisinya suara partai berada diurutan 4 untul Pileg Kota Subulussalam.

Hal demikian tidak terlepas dari dukungan kader partai dan anggota dewan yang lolos dari partai Gerindra.

“Alhamdulillah. Baru kali ini ada kader kita lolos sebagai wakil rakyat. Tahun berikutnya akan kita perjuangkan lebih dari satu orang. Makanya saya mengharapkan dukungan dari teman-teman,” katanya.

Pengusaha
Terjun di dunia politik, tidak membuatnya melupakan usahanya. Di bidang usaha, Ramlan mengaku beruntung. Sebab katanya, usaha yang didirikan sejak tahun 1996 di Kota Subulussalam tidak terlepas dari doa orang tuanya dan keluarga. 

“Bagi saya ukuran kesuksesan itu sebenarnya sangat sederhana. Apa saya miliki dari usaha itu tidak terlepas dari doa orang tua saya dan keluarga. Alhamdulillah, berkat doa itu, saya telah membuat orang tua saya dua kali pergi ke Kota Mekkah naik haji. Saya kira itulah kesuksesan saya,” 

“Mala menurutku, kata sukses dalam harta nda ngo kubettoh mengartiken. Tapi mala menurutku sukses imo memangiken orang tuaku naik haji. Janah idi enggo kulakukan. Janah imo menurutku sukses," katanya.

Ramlan juga bercerita soal usaha yang dibangun sejak 1996. Ia bercerita usaha di Kota Subulussalam adalah ‘toko saudara’.

“Kalau boleh saya jujur, saya semua melakukan ini mandiri dan didukung orang tua dan isteri saya. Nama ayah saya adalah H Bandar Boangmenalu, Bin Gombak Boangmenalu dan ibu saya Hj Tijah Br Manik dia mengajarkan saya bagaimana hidup sederhana. Mereka mengajarkan saya agar berusaha”.

Namun baginya sosok ayah adalah sangat besar dalam karirnya. Ayahnya sendiri dikenal orang sangat ramah. Ia juga dermawanan. Bagi anak-anaknya sosok ayah adalah panutan.

“Makanya usaha berkembang tidak terlepas dari doa ayak dan ibu dan isteri saya. Dan Alhamdulillah usaha itu hingga sekarang berkembang,” katanya.

Bertemu Sonni
Soal pertemuan dengan Sonni, Ramlan mengaku tidak terlepas dari peran seseorang. Katanya hal demikian tidak dikasih tahu kepada publik. Baginya adalah suatu keberuntungan.

“Awalnya saya diajak bertemu dengan Sonni Berutu. Saya pun menyanggupinya,” katanya.

Kata dia, setelah bertemu, Ramlan pun mengaku sangat cocok dengan Sonni Berutu. Alasannya karena sosok putra daerah yang sudah mala terjun di dunia politik. Dan kata dia, Sonni punya visi misi baik untuk membangun Pakpak Bharat yang lebih baik,” katanya.

"Sama-sama membangun, kami juga sudah pernah bertemu dalam beberapa momen, tapi saya melihat dia adalah sosok sederhana. Saya pun demikian tidak pernah memperlihatkan apa yang saya miliki. Sebab bagi saya harta itu adalah titipan Allah SWT," katanya.

"Saya pun demikian. Niat saya hanya satu membangun kampung. Jadi kami akan menyatukan tekad," katanya.
Ramlan Boangmenalu, istri dan anak. 

Restu Istri
Baginya semua tersebut tidak terlepas dari doa istri. Pengakuannya, istri belakangan mendukungnya maju di Pilbub Pakpak Bharat.

 “Istri memang mempertanyakan maksud saya untuk calon. Awal-awal ia memang pernah bicara sama saya apakah serius dengan niatnya. Setelah saya jelaskan, istri saya pun sudah menerimanya. Dan sekarang dia sudah setuju. Namun ia tetap mengingatkan saya untuk menjaga kesehatan, dan berbuat baik kepada orang," ucapnya mengakhiri wawancara.

Dari wawancara singkat diambil beberapa kesimpulan mengenai sosok Ramlan. Sederhana dan memandang harta adalah titipan dari Allah. Tinta emas ia torehkan dalam politik dan usaha tidak terlepas dari peran orang tua, istri dan keluarganya. 

Profil singkat
Nama: Ramlan Boangmenalu
Tempat Lahir: Kilo Meter 20
Alamat: Simbruna Sitellu Tali Urang Jehe
Istri : Erna Afriyanti Tinendung
Ayah : H Bandar Boangmenalu
Ibu : Hj Tijah Br Manik

Ketua Gerindra Kota Subulussalam 2014 hingga sekarang

Ketua HKTI Kota Subulussalam 2014-2019
Share:
Komentar

Berita Terkini